Ini Tips untuk Liburan di Era Pandemi Covid-19

oleh -50 views

CIREBON- Saat awal tahun 2020, dunia terdampak pandemi Covid-19. Sektor kesehatan, ekonomi, politik, bahkan pariwisata, mengalami krisis. Lalu bagaimana liburan saat pandemi?

Libur Natal dan Tahun Baru tidak seperti tahun tahun-tahun sebelumnya. Sebab, terjadi pandemi Covid-19. Selain itu, pemerintah Indonesia juga resmi mengurangi jatah cuti akhir tahun, yaitu tanggal 29, 30, 31 Desember 2020, guna mengantisipasi penambahan kluster penularan libur akhir tahun.


Di sisi lain, masyarakat pasti jenuh dengan keadaan pandemi ini. Di mana, tidak banyak yang bisa dilakukan saat diterapkanya peraturan PSBB.
Demi mengatasi kejenuhan, masyarakat mulai melakukan aktivitas guna membantu menyegarkan diri dari penatnya masa PSBB.


Masyarakat mulai berani untuk berlibur tetapi tidak sedikit yang mengabaikan protokol kesehatan.


Berlibur saat pandemi memang rawan menyebabkan terjadinya penularan virus, tetapi untuk membuat daya tahan tubuh yang kuat juga diperlukan. Ini seperti pisau bermata dua.


Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka wajib menjalankan protokol kesehatan saat berlibur. Berikut daftar panduan protokol kesehatan bagi pengunjung tempat wisata pada era New Normal.

-Memastikan diri dalam kondisi sehat sebelum melakukan kunjungan ke lokasi daya tarik wisata

-Jika mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/atau sesak nafas tetap di rumah dan periksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan apabila berlanjut.

-Selalu menggunakan masker selama berada di lokasi daya tarik wisata.

-Menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, atau menggunakan hand sanitizer.

-Hindari menyentuh area wajah seperti mata, hidung, dan mulut.

-Tetap memperhatikan jaga jarak minimal 1 meter.

-Saat tiba di rumah, segera mandi dan berganti pakaian sebelum kontak dengan anggota keluarga di rumah.

-Bersihkan handphone, kacamata, tas, dan barang lainnya dengan cairan disinfektan. (dikutip dari Kompas.com)

Selain pengunjung, pengelola tempat wisata juga wajib menerapkan protokol kesehatan yang di tetapkan pemerintah.

Di sisi lain, pelaku pariwisata juga terdampak dari segi ekonomi karna pandemi ini, untuk menanggulangi itu mereka melakukan berbagai cara untuk meningkatkan kembali dunia pariwisata, tak sedikit pihak hotel dan jasa pariwisata lainya berbondong-bondong menawarkan promo yang sangat menarik.

Liburan saat pandemi Covid-19 memang bukan hal yang mustahil untuk dilakukan akan tetapi kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, dengan di dukung banyak penawaran menarik dari pelaku usaha pariwisata diharapkan dapat memperbaiki tingkat ekonomi negara kita. (surya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.